top of page

Penerapan Cloud Computing di Perusahaan

Merupakan hal wajar apabila masyarakat awam belum mengerti betul arti dari istilah cloud computing. Banyak generasi millennial yang merasakan manfaat dari cloud computing dengan menggunakan media penyimpanan Google Drive atau Drop Box. Akan tetapi, cloud computing tidak hanya terbatas pada media penyimpanan saja. Sederhananya, cloud computing adalah komputasi yang berbasis internet.

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem cloud computing. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah mengapa perusahaan-perusahaan tersebut memilih menggunakan sistem cloud computing? Ada banyak manfaat dari penggunaan sistem ini, dan berikut adalah beberapa diantaranya:


Fleksibilitas

Sistem berbasis cloud ideal dipakai untuk perusahaan yang membutuhkan perangkat untuk penyimpanan datayang terus meningkat. Merupakan hal mudah untuk meningkatkan kapasitas penggunaan cloud yang digunakan sebuah perusahaan saat dibutuhkan. Demikian juga apabila perusahaan tersebut perlu mengurangi kapasitas penggunaan cloud yang digunakan, hal ini pun mudah dilakukan. Fleksibilitas yang tinggi inilah yang dicari banyak perusahaan.


Biaya Investasi Ringan

Investasi modal besar dapat diminimalkan karena sistem cloudyang memiliki sistem pembayaran bulanan yang tidak besar. Hal ini sangat penting terutama untuk bisnis kecil dan menengah dimana mereka ingin lebih fokus terhadap pengembangan bisnis dan sebisa mungkin mengurangi biaya operasional.

Dengan menggunakan cloud computing, perusahaan hanya perlu membayar sewa sesuai pemakaian. Hal ini berarti mengkonversi capital expenditure (CAPEX) menjadi operating expenditure (OPEX). Penggunaancloud computing akan mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk CAPEX, biaya untuk operasional IT, serta untuk hardware. Dengan menggunakan cloud computing, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya seperti maintanance,biaya listrik, serta biaya investasi lainnya. Bagi para pelaku bisnis, hal tersebut sangat menguntungkan karena akan memperbesar Return on Investment (ROI) yang akan diperoleh dan melancarkan cash-flow perusahaan.


Aksesibilitas Tinggi

Kemudahan dalam mengakses data merupakan kelebihan utama dari cloud computing. Untuk mengakses data yang dibutuhkan saat bekerja, karyawan tidak perlu berada pada suatu perangkat yang sama, karena data tersebut dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalu server yang terpusat.


Keamanan yang Terjamin

Perusahaan yang menggunakan sistem cloud computing tidak perlu khawatir jika ada kehilangan atau kerusakan perangkat keras apabila menggunakan sistem cloud computing. Hal ini dikarenakan data yang disimpan di sistem cloud tetap dapat diakses meskipun terjadi kehilangan atau kerusakan perangkat keras milik perusahaan, karena data yang disimpan menggunakan cloud, menggunakan server yang terpusat dan dapat dilakukan backup atas data yang dimiliki. Data juga dapat diubah atau dihapus dari perangkat keras yang hilang atau rusak sehingga tidak ada kebocoran data.


Ramah Lingkungan

Berdasarkan manfaat penggunaan cloud computing yang telah dijelaskan, beralih pada sistem cloud untuk sebuah perusahaan adalah pilihan yang tepat karena ramah lingkungan. Tidak peduli berapa pun jumlah kebutuhan perusahaan, jumlah serverakan menyesuaikan. Perusahaan akan menggunakan energi yang dibutuhkan tanpa meninggalkan sampah karbon yang besar, tanpa perlu menghabiskan kertas.

Melihat kelebihan yang dimiliki cloud computing tersebut, banyak organisasi dan perusahaan yang mentransformasi infrastruktur IT mereka ke model cloud computing yang merupakan sebuah evolusi dalam dunia bisnis. Model tersebut hadir menawarkan peningkatan efisiensi dengan mengurangi biaya pengadaan infrastruktur IT. Dengan otomatisasi serta kemudahan dalam pengelolaannya, cloud computing dapat membantu perusahaan untuk lebih fokus kepada minimalisasi biaya investasi infrastruktur IT dan meningkatkan produktivitas serta aspek fungsionalitas dari perusahaan.

102 views0 comments
bottom of page