top of page

Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Updated: Apr 18, 2019



Image source: https://www.freepik.com/free-vector/key-business-concept-with-flat-design_2595525.htm



Bagaimana langkah-langkah yang efektif untuk mencapainya?


Pertama, selalu libatkanlah karyawan Anda!

Keterlibatan dan interaksi antar individu di dalam perusahaan adalah salah satu kunci penting demi tercapainya tujuan besar organisasi.

Beberapa contoh yang dapat dilakukan di antaranya adalah menanamkan nilai-nilai yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang strategi bisnis perusahaan kepada seluruh angkatan kerja. Kemudian, memastikan setiap orang mampu menjawab pertanyaan berikut: Mengapa klien mau membeli produk kita? Siapa kompetitor utama kita dan mengapa klien kita juga menggunakan produk mereka? Bagaimana cara memastikan karyawan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap diferensiasi produk yang ada? Memastikan setiap karyawan menggunakan keterampilan yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan mampu bekerja secara mandiri dalam membuat keputusan terbaik dan selaras dengan tujuan perusahaan. Selalu mengikuti tren perkembangan dunia bisnis, sehingga setiap individu akan bekerja dan melakukan aktivitas-aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan pasar, namun tetap sejalan dengan target perusahaan.


Kedua, pentingnya kepemimpinan di dalam organisasi.

Komunikasi antara atasan dan bawahan akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri jika tidak ada komunikasi yang lancar di dalam organisasi. Beberapa topik untuk dicoba dalam memulai obrolan singkat dan interaktif perihal bisnis perusahaan antara lain:

  • Kegiatan dan target antar departemen serta hambatan yang pernah dihadapi

  • Berbagi cerita tentang para kompetitor dan cerita sukses menangani klien

  • Prioritas organisasi saat ini demi tercapainya target dan kinerja yang lebih baik


Ketiga, kenali dan kurangi permasalahan internal perusahaan.

Coba evaluasi bagaimana strategi bisnis yang sedang dijalani. Apakah berbeda dan tidak sejalan dengan kebijakan, struktur, dan standar operasional prosedur perusahaan saat ini?

Untuk memastikannya, cek indikator berikut ini:

  • Apakah karyawan harus selalu menuruti aturan dan prosedur baku dalam perusahaan untuk dapat bekerja dengan baik?

  • Apakah aturan dan prosedur kerja dapat membantu karyawan untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan benar?

  • Bagaimana hubungan antar berbagai fungsi di dalam organisasi dan apakah terjadi konflik yang berkepanjangan?


Keempat, manfaatkan pelatihan dan pengembangan secara strategis.

Banyak organisasi yang memiliki sumber daya manusia yang sebetulnya tidak benar-benar sesuai secara keseluruhan dengan kebutuhan perusahaan. Apalagi jika keterlibatan individu dalam aktivitas perusahaan tergolong rendah. Hal ini bisa menyebabkan buruknya produktivitas dari perusahaan. Apakah Anda mampu memberikan pelatihan yang bisa meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan? Apakah pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan performa perusahaan dan menghasilkan keterampilan yang mumpuni untuk kedepannya? Untuk memastikan hal tersebut, cek beberapa poin berikut:

  • Menentukan perencanaan strategis tenaga kerja untuk memastikan kegiatan perekrutan karyawan dilakukan secara tepat dalam mengembangkan individu terpilih sebagai bagian dari organisasi

  • Memberikan semua karyawaan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini dan fokus untuk jangka panjang organisasi

  • Mendukung dan mengembangkan karir setiap karyawan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan di kemudian hari


Terakhir, fokus kepada strategi bisnis perusahaan!

Ada tiga jenis proposisi nilai dari strategi bisnis yang bisa Anda pilih sesuai dengan keunggulan kompetitif perusahaan Anda, yaitu:


  • Intimasi Dengan Pelanggan

Bagaimana perusahaan membangun relasi dan memberikan solusi yang maksimal atas kebutuhan pelanggan serta menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan akan menciptakan fondasi hubungan yang kuat untuk jangka panjang.

  • Efisiensi Operasional

Perusahaan memastikan untuk bisa menjual produk dengan kualitas terbaik, namun dengan harga yang paling murah yang bisa ditawarkan kepada konsumen. Upaya ini dapat dilakukan dengan mengurangi biaya-biaya internal yang tidak perlu sehingga nantinya bisa meningkatkan profit bagi perusahaan.

  • Inovasi dan Kreativitas

Perusahaan selalu memberikan informasi terbaru mengenai produk dan servis yang ada dan terus berubah mengikuti perubahan tren dan teknologi.

11,600 views0 comments
bottom of page